Pengertian Recount Text, Contoh Dan Terjemahannya!

Pengertian Recount Text

Pengertian Recount Text, Contoh Dan Terjemahannya!
Pengertian Recount Text, Contoh Dan Terjemahannya!


Recount text adalah jenis teks yang menceritakan kembali peristiwa atau pengalaman di masa lampau secara kronologis atau berurutan sesuai dengan urutan waktu kejadian. Berikut ini adalah pengertian lebih lengkap tentang recount text:

1. Recount text bertujuan untuk memberikan informasi atau menghibur pembaca dengan menceritakan peristiwa atau pengalaman yang telah terjadi di masa lalu.

2. Recount text ditulis dengan menggunakan urutan kronologis, mulai dari peristiwa pembuka, isi, hingga peristiwa penutup.

3. Recount text menggunakan kata kerja dalam bentuk lampau (past tense) karena menceritakan hal yang sudah terjadi.

4. Recount text bisa bersifat faktual seperti laporan perjalanan, autobiografi, atau pengalaman pribadi, atau bersifat imajinatif seperti cerita fiksi.

5. Struktur umum recount text terdiri dari orientasi (pengenalan), urutan peristiwa, dan reorientasi (komentar pribadi atau evaluasi).

6. Recount text menggunakan banyak kata penghubung waktu (time connectors) seperti "first, then, after that, finally" untuk menunjukkan urutan peristiwa.

Jadi, secara ringkas recount text adalah teks yang menceritakan kembali rangkaian peristiwa di masa lalu secara berurutan dengan tujuan menginformasikan atau menghibur pembaca. 

Contoh Recount Text

Berikut ini contoh recount text :


My Holiday in Bali
Last year, I went to Bali during my holiday. I stayed at the Nusa Dua Beach Resort which is an amazing resort.

On the first day, I just relaxed at the beach. I swam in the warm sea and sunbathed at the beach. The scenery was very beautiful with the blue sea and green palm trees.

The next day, I went on a tour around the island of Bali. I saw many ancient Hindu temples like Tanah Lot and Uluwatu Temple which were amazing with their old stone architecture.

Then the tour brought me to Ubud, a town in the middle of the island. There were many shops selling Balinese handicrafts. I bought some souvenirs to bring back home.

Finally, I visited Bali Bird Park where I saw many beautiful birds like the Bali Starling. After that, I returned to the hotel feeling very happy after a wonderful tour around Bali.


Terjemahan Recount Text

Tahun lalu, saya pergi ke Bali saat liburan. Saya menginap di Nusa Dua Beach Resort yang merupakan resor yang menakjubkan.

Di hari pertama, saya hanya bersantai di pantai. Saya berenang di laut yang hangat dan berjemur di pantai. Pemandangannya sangat indah dengan birunya laut dan hijaunya pepohonan palem.

Keesokan harinya, saya melanjutkan tur keliling pulau Bali. Saya melihat banyak pura Hindu kuno seperti Pura Tanah Lot dan Pura Uluwatu yang menakjubkan dengan arsitektur batu kunonya.

Kemudian tur membawa saya ke Ubud, sebuah kota di tengah pulau. Ada banyak toko yang menjual kerajinan khas Bali. Saya membeli beberapa oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Terakhir saya mengunjungi Bali Bird Park dimana saya melihat banyak burung cantik seperti Jalak Bali. Setelah itu, saya kembali ke hotel dengan perasaan sangat bahagia setelah berkeliling Bali yang menyenangkan.


Sekian artikel mengenai Pengertian Recount Text, Contoh Dan Terjemahannya dari KonsepEdukasi semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kamu yang sedang mempelajari mengenai Recount Text Bahasa Inggris.


Baca Juga Artikel KonsepEdukasi Bahasa Inggris Lainnya

Pengertian Procedure Text, Struktur, Ciri Ciri Dan Contoh Procedure Text

Pengertian AM dan PM Waktu Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Simple Past Tense, Rumus, Contoh Lengkap!

Review Text: Pengertian, Struktur, Tujuan Contoh

Pengertian Idiom Dan 40+ Contoh Idiom Bahasa Inggris

Pengertian Recount Text Dan Contohnya

Pengertian IELTS dan TOEFL Serta Perbedaannya!

Pengertian Narrative Text, Tujuan Dan Contoh Narrative Text Dan Terjemahannya

Pengertian Kalimat Imperatif, Contoh Dan Ciri-Ciri

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code