Pengertian Fotosintesis, Proses, Tahapan Dan Faktor Penentu Fotosintensis

 Pengertian Fotosintesis

Fotosintesis adalah proses yang dilakukan oleh tumbuhan untuk mengubah energi cahaya menjadi energi kimia yang dapat digunakan untuk menghasilkan makanan. Proses fotosintesis terjadi di dalam organel sel tumbuhan yang disebut kloroplas, di mana terdapat pigmen hijau yang disebut klorofil.

Pengertian Fotosintesis, Proses, Tahapan Dan Faktor Penentu Fotosintensis
Pengertian Fotosintesis, Proses, Tahapan Dan Faktor Penentu Fotosintensis 


Pada saat cahaya mengenai klorofil, terjadi reaksi kimia yang mengubah air dan karbon dioksida menjadi glukosa (senyawa karbohidrat) dan oksigen. Reaksi kimia ini disebut reaksi fotosintesis.

Reaksi fotosintesis terbagi menjadi dua tahap, yaitu tahap fotofosforilasi oksidatif dan tahap siklisasi karbon. Pada tahap fotofosforilasi oksidatif, cahaya yang mengenai klorofil akan mengubah ATP (adenosin trifosfat) menjadi ADP (adenosin difosfat) dan membebaskan energi kimia. Energi kimia tersebut kemudian digunakan untuk mengubah karbon dioksida menjadi glukosa. Pada tahap siklisasi karbon, glukosa yang terbentuk kemudian diubah menjadi produk lain seperti asam lemak, asam amino, dan lignin.

Fotosintesis merupakan proses yang penting bagi kehidupan di dunia, karena menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup lainnya dan menyediakan makanan bagi tumbuhan dan makhluk hidup lain yang bergantung pada tumbuhan sebagai sumber makanan. Fotosintesis juga merupakan sumber utama dari karbon dioksida yang dibutuhkan oleh tumbuhan untuk pertumbuhan dan perkembangan.


Proses Fotosintesis

Proses fotosintesis terjadi ketika klorofil di daun menangkap cahaya matahari dan menggunakannya untuk mengubah air dan karbondioksida menjadi gula dan oksigen. Gula yang dihasilkan dapat digunakan langsung oleh tumbuhan atau disimpan dalam bagian lain seperti buah yang sering kita konsumsi.

Proses Fotosintesis
Proses Fotosintesis



Tahap Fotosintesis

Secara umum, ada dua jenis tahap reaksi yang terdapat dalam peristiwa fotosintesis, yaitu tahap reaksi terang dan reaksi gelap.

1. Reaksi Terang

Dikutip dari buku Peran Enzim pada Metabolisme, Reproduksi Pada Tumbuhan dan Hewan karya Dra. Wisnuwati, M.Pd sanIr. Caturto Priyo Nugroho, MM, reaksi terang adalah peristiwa penyusunan zat organik (gula) dari zat anorganik (air, karbon dioksida) dengan pertolongan energi cahaya.

Fotosintesis dilakukan oleh tumbuhan dan makhluk hidupyang mempunyai klorofil. Komponen-komponen yang diperlukan dalam fotosintesis adalah karbon dioksida, air, cahaya dan klorofil.

Berikut beberapa tahapan dalam peristiwa reaksi terang:

  1. Aktivasi klorofil adalah tahapan ketika klorofil menyerap foton dari cahaya matahari. Tahapan ini akan memicu pelepasan elektron (eksitasi) dari klorofil.
  2. Fotolisis air adalah tahapan yang membuat molekul air pecah akibat elektron yang berasal dari fotosistem 
  3. Tahapan distribusi adalah tahapan yang mana hasil fotosintesis (disebut fotosintat) biasanya dikirim ke jaringan-jaringan pada tumbuhan.

2. Reaksi Gelap

Reaksi gelap adalah sebuah peristiwa fotosintesis yang tidak membutuhkan cahaya dan memanfaatkan penggunaan ATP dan NADPH untuk mengubah karbon dioksida menjadi senyawa organik (gula). 

Dalam reaksi gelap, terdapat beberapa fase, yakni pengikatan (fiksasi) karbon dioksida, reduksi hingga pembentukan RuBP. Beberapa tahap yang terjadi dalam peristiwa reaksi gelap fotosintesis, ialah:

  1. Karbon dioksida diikat oleh RuBp (Ribulosa bifosfat yang terdiri atas 5 karbon) menjadi senyawa 6 karbon yang labil. Senyawa 6 karbon ini kemudian memecah menjadi 2 fosfogliserat (PGA).
  2. Masing-masing PGA menerima gugus pfosfat dari ATP dan menerima hidrogen dari NADPH. Reaksi ini menghasilkan PGAL (fosfogliseraldehida).
  3. Tiap 6 molekul karbondioksida yang diikat dihasilkan 12 PGAL.
  4. Dari 12 PGAL, 10 molekul kembali ke tahap awal menjadi RuBp, dan seterusnya RuBP akan mengikat CO2 yang baru.
  5. Dua PGAL lainnya akan berkondensasi menjadi glukosa 6 fosfat. Molekul ini merupakan prekursor (bahan baku) untuk produk akhir menjadi molekul sukrosa.
  6. Molekul sukrosa yang merupakan karbohidrat untuk diangkut ke tempat penimbunan tepung pati yang merupakan karbohidrat yang tersimpan sebagai cadangan makanan.


Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis

  1. Cahaya. Cahaya merupakan komponen utama agar fotosintesa dapat berlangsung dengan tepat. ...
  2. Suhu. Semua tumbuhan membutuhkan suhu yang berbeda-beda. ...
  3. Umur Tanaman.
  4. Konsentrasi Karbon Dioksida (CO2) dan Oksigen (O2) ...
  5. Air dan Kandungan Hara.

Sekian artikel Biologi mengenai Pengertian Fotosintesis, Proses, Tahapan Dan Faktor Penentu Fotosintensis  dari KonsepEdukasi, semoga artikel Biologi ini dapat bermanfaat dan membantu kamu yang sedang mempelajari Biologi.

Baca Artikel Biologi KonsepEdukasi lainnya:

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code