Materi Hadist Tentang Kebershian Arab dan Terjemahannya

Materi Hadist Tentang Kebershian Arab dan Terjemahannya

Kebersihan adalah salah satu nilai agung dalam ajaran Islam yang ditekankan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Hadis-hadis Nabi memberikan petunjuk dan pedoman tentang pentingnya menjaga kebersihan, bukan hanya dari segi fisik, tetapi juga spiritual. Kebersihan tidak hanya mencakup tubuh dan lingkungan, tetapi juga mencerminkan kebersihan hati dan niat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Materi Hadist Tentang Kebershian Arab dan Terjemahannya
Materi Hadist Tentang Kebershian Arab dan Terjemahannya


Berikut adalah beberapa hadis yang menggambarkan ajaran Rasulullah tentang kebersihan. Hadis-hadis ini memberikan pandangan komprehensif tentang bagaimana menjaga kebersihan sebagai bagian dari tata cara hidup seorang Muslim. Semoga hadis-hadis ini memberikan inspirasi dan motivasi bagi kita untuk meraih kebersihan lahir dan batin, sesuai dengan ajaran Islam yang sempurna.


1. عَنْ أَبِي مَالِكِ الْحَارِثِ بْنِ عَاصِمٍ الْأَشْعَرِيِّ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "أَخْلِصُوا مَقَاعِدَكُمْ."

   Terjemah: Dari Abu Malik Al-Harith bin 'Asim Al-Ash'ari, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Bersihkanlah tempat duduk kalian." (HR. Al-Bukhari)


2. عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "الْإِيمَانُ بِضْعٌ وَسَبْعُونَ شُعْبَةً، أَفْضَلُهَا قَوْلُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا اللَّهُ، وَأَدْنَاهَا إِمَاطَةُ الْأَذَى عَنِ الطَّرِيقِ، وَالْحَيَاءُ شُعْبَةٌ مِنَ الْإِيمَانِ."

   Terjemah: Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Iman itu memiliki lebih dari 70 atau lebih cabang, tertinggi dari semuanya adalah ucapan La ilaha illallah, dan yang paling rendah adalah menghapus gangguan dari jalan. Dan malu adalah sebagian dari iman." (HR. Muslim)


3. عَنْ أَبِي مَالِكِ الْحَارِثِ بْنِ عَاصِمٍ الْأَشْعَرِيِّ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "أَخْلِصُوا مَقَاعِدَكُمْ وَلَا تُبَالِغُوا فِي شُرْبِ الْمَاءِ."

   Terjemah: Dari Abu Malik Al-Harith bin 'Asim Al-Ash'ari, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Bersihkanlah tempat duduk kalian dan janganlah kalian buang air kencing dalam air yang mengalir." (HR. Muslim)


4. عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "إِنَّ اللَّهَ رَفِيقٌ يُحِبُّ الرِّفْقَ وَيُعْطِي عَلَى الرِّفْقِ مَا لَا يُعْطِي عَلَى الْعُنْفِ وَمَا لَا يُعْطِي عَلَى مَا سِوَاهُ."

   Terjemah: Dari Aisyah, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya Allah itu indah, suka keindahan, dan Dia menyukai kebersihan." (HR. Muslim)


5. عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمْ الْمَسْجِدَ فَلْيَنْظُرْ إِلَى نِعَالِهِ فَإِنْ رَأَى شَيْئًا فَلْيُمِطْهُ وَلْيُصَلِّ فِيهِ."

   Terjemah: Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Apabila salah seorang di antara kalian masuk ke dalam masjid, hendaklah dia melihat ke arah kakinya. Apabila dia melihat kotoran, maka hendaklah dia menghapusnya dan membersihkannya." (HR. Bukhari dan Muslim)


6. عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "إِنَّ اللَّهَ طِيبٌ لَا يَقْبَلُ إِلَّا طِيبًا، وَإِنَّ اللَّهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِينَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِينَ فَقَالَ: يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا ۚ إِنِّي


 بِمَا تَ


Sekian Materi Hadist Tentang Kebershian Arab dan Terjemahannya semoga dapat bermanfaat.


Baca Juga Artikel PAI lainnya:

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code