4 Kitab yang Diturunkan Allah SWT Dalam Islam Dengan Rasulnya

     Kitab suci adalah wahyu Allah yang dibukukan. Kitab suci merupakan gabungan dari dua kata, yaitu 'kitab' dan 'suci'.

4 Kitab yang Diturunkan Allah SWT Dalam Islam Dengan Rasulnya
4 Kitab yang Diturunkan Allah SWT Dalam Islam Dengan Rasulnya


4 Kitab yang Diturunkan Allah SWT Dalam Islam Dengan Rasulnya

    Dalam Alquran yang digunakan sebagai pedoman hidup bagi umat Islam berisi berbagai kisah dan hukum syariat yang penting untuk diketahui umat Muslim, termasuk pembahasan tentang kitab yang diturunkan Allah. Dalam buku berjudul Pokok-Pokok Akidah yang Benar yang ditulis oleh H. A. Zahri (2019:148) memaparkan bahwa dalam Alquran telah disebutkan ada 4 kitab yang diturunkan oleh Allah SWT, antara lain:

  1. Kitab Taurat kepada Nabi Musa AS
  2. Kitab Zabur kepada Nabi Daud AS
  3. Kitab Injil kepada Nabi Isa AS
  4. Kitab Alquran kepada Nabi Muhammad SAW.

Umat Islam wajib meyakini, karena mempercayai kitab-kitab selain Alquran merupakan salah satu Rukun Iman dalam agama Islam.
Kitab Alquran kepada Nabi Muhammad SAW.



Kitab Suci sendiri ada 114 jumlahnya yang telah diturunkan, namun yang wajib kita imani hanya 4 kitab saja yaitu, Taurat, Zabur, Injil, dan  Al Quran.

Keempat kitab tersebut dijelaskan dalam berbagai ayat dalam Alquran yaitu surat Ali Imran dan surat An Nisa. Berikut ini adalah dalil yang memaparkan tentang keempat kitab yang diturunkan Allah kepada para Nabi dan Rasul-Nya:

QS. Ali Imran: 2-4

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُۗ . نَزَّلَ عَلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَاَنْزَلَ التَّوْرٰىةَ وَالْاِنْجِيْلَۙ . مِنْ قَبْلُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَاَنْزَلَ الْفُرْقَانَ ەۗ اِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِاٰيٰتِ اللّٰهِ لَهُمْ عَذَابٌ شَدِيْدٌ ۗوَاللّٰهُ عَزِيْزٌ ذُو انْتِقَامٍۗ

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya. Dia menurunkan Alkitab (Al-Quran) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan Kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil, sebelum (Al-Quran), menjadi petunjuk bagi manusia, dan dia menurunkan al-Furqaan. Sesungguhnya orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Allah akan memperoleh siksa yang berat; dan Allah Maha Perkasa lagi mempunyai balasan (siksa).” (QS. Ali Imran: 2-4)

Sekian artikel mengenai 4 Kitab yang Diturunkan Allah SWT Dalam Islam Dengan Rasulnya dari Konsep Edukasi semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kamu yang sedang mencari  informasi 4 Kitab yang Diturunkan Allah SWT Dalam Islam Dengan Rasulnya.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code