Materi Permainan Sepakbola (Pengertian, Aturan, Manfaat, Sejarah) Lengkap!

 Pengertian Sepakbola

Sepakbola adalah olahraga yang sangat populer di seluruh dunia. Pemain menggunakan kaki untuk memukul bola yang kemudian harus dibawa ke gawang lawan dan dijadikan gol. Tim yang berhasil memasukkan bola ke gawang lawan akan mendapat satu poin. Sepakbola dimainkan oleh dua tim, masing-masing terdiri dari 11 pemain, termasuk seorang kiper. Pertandingan sepakbola biasanya berlangsung selama 90 menit, yang terdiri dari dua babak masing-masing 45 menit. Ada juga pertandingan tambahan waktu yang disebut "babak tambahan" atau "waktu tambahan" yang dapat diberikan jika pertandingan berakhir dengan skor imbang setelah 90 menit. Tim yang berhasil memenangkan pertandingan akan mendapat tiga poin, sedangkan tim yang kalah tidak mendapat poin sama sekali. 

Materi Permainan Sepakbola (Pengertian, Aturan, Manfaat, Sejarah) Lengkap!
Materi Permainan Sepakbola (Pengertian, Aturan, Manfaat, Sejarah) Lengkap!


Jenis-jenis Keterampilan Dalam Sepakbola

  1. Menendang/passing/shooting
  2. Mengontrol/controlling
  3. Menggiring/dribbling
  4. Menyundul/heading

Jenis-jenis Keterampilan Dalam Sepakbola
Jenis-jenis Keterampilan Dalam Sepakbola


Manfaat Bermain Sepakbola

  1. Menjaga kebugaran tubuh
  2. Menjalin kerjasamatim
  3. Meningkatkan metabolisme otot

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Teknik dalam sepak bola menjadi salah satu elemen yang paling jelas dan terlihat dalam permainan sepakbola. Kemampuan dalam teknik sepak bola akan berpengaruh besar terhadap kemenangan tim. Berikut adalah teknik-teknik sederhana yang perlu dikuasai sebelum melakukan permainan :

a. Teknik Dasar Mengoper Bola (Passing)
Keterampilan akurasi passing, Akurasi operan mengacu pada kemampuan pemain menggunakan kedua kaki untuk mengirim bola ke tujuan yang diinginkan pemain. Hal ini bisa berarti mengirim bola langsung ke kaki rekan satu tim dengan kekuatan dan presisi, mengirimkan umpan terobosan lambung atau mengumpan dan memainkan bola secara akurat di depan gawang.

Ada beberapa teknik passing (operan) yang baik agar bola dapat terakurasi dan sampai di kaki teman tanpa direbut oleh tim lawan, Berikut beberapa teknik passing :

1) Inside of the foot or push pass (Kaki bagian dalam)
teknik passing dengan kaki bagian dalam

Teknik passing dengan kaki bagian dalam ini memiliki tingkat akurasi yang lebih baik dan cocok untuk dipakai di operan jarak pendek. Memiliki kecepatan sedang dan bola kecil kemungkinan akan melambung tinggi, sehingga rekan kita pun semakin mudah menerima operan kita.

2) Outside of the foot (Kaki bagian luar)
passing dengan kaki bagian luar

Tipe passing yang kedua adalah outside of the foot atau mengoper dengan bagian luar kaki. Teknik ini perlu sering latihan agar akurasinya tepat. Karena agak lebih susah dengan jenis passing yang pertama.

Kelebihan dari passing jenis ini adalah dipakai buat passing tipuan agar bola tidak direbut oleh tim lawan.

3). Instep drive
teknik passing dasar sepak bola

Teknik passing instep drive dipakai untuk passing jarak jauh. Posisi tendangan berada di bagian tengah agak kebawah, sehingga bola bisa mencapai terget yang jauh.

Pemain harus memperhatikan titik ini dan harus menggunakan feeling agar bola sampai di rekan kita. Anda dapat mengayunkan tangan untuk menjaga keseimbangan.

4). Chip pass
teknik passing-kick-point

Teknik passing dalam sepak bola selanjutnya adalah chip pass. Teknik ini dipakai untuk dapat mencapai titik umpan yang terhadang oleh lawan dengan melambungkan bola.

Teknik ini bisa dipakai untuk jarak pendek maupun jangka pendek, hanya saja jarak antara kita dengan lawan harus agak jauh agar bola tidak berhenti dan terkena tubuh lawan.

b. Teknik Dasar Menghentikan Bola / Menerima Bola
Teknik dasar bermain sepak bola selanjutnya adalah menghentikan / menerima bola. Teknik ini penting untuk dikuasai agar bola tidak mantul lagi dan direbut oleh lawan. Untuk itu perlu keahlian dalam menerima bola. Berikut adalah teknik-tekniknya :

1) Menggunakan kaki bagian bawah / telapak kaki
Teknik yang pertama adalah menggunakan telapak kaki dan ketika bola akan sampai gerakannya seperti menginjak bola dengan kaki yang sedikit terangkat dan lutut tertekuk. Agar terjadi dengan mulus, pastikan mata juga fokus dan tertuju pada arah datangnya bola.

2) Menggunakan kaki bagian dalam
Seperti saat mengoper bola, kaki bagian dalam juga bisa dipakai untuk menghentikan bola. Saat bola mau sampai, kaki juga bergerak mengikuti arah gerakan bola agar bola tidak terpantul dan bisa mendarat dengan sempurna.

3. Menahan bola dengan kaki bagian luar
Bagian luar juga bisa dipakai untuk menahan bola, namun teknik ini lebih sulit dilakukan ketimbang teknik yang pertama dan kedua. Namun lebih efektif dari segi kecepatan, pemain bisa langsung menghentikan bola terus dribbling dan lanjut untuk menyerang.

c. Menggiring (Dribling) Bola
Keterampilan menggiring bola, dimana keterampilan ini berkaitan dengan kontrol penuh terhadap bola. Dribbling, manuver, dan membawa bola dalam kecepatan tinggi adalah kunci sukses sebelum mencetak gol.

1). Dribbling dengan menggunakan sisi kaki bagian dalam
Dribbling yang pertama adalah menggunakan sisi kaki bagian dalam. Caranya adalah dengan menyentuh bola dengan sisi kaki bagian dalam dan posisi kaki adalah tegak lurus terhadap bola.

Kemudian bola ditendang pelan guna mempertahankan kontrol bola. Jangan lupa juga pusatkan kekuatan tendangan pada bagian tengah bola sehingga memudahkan dalam mengontrol bola.

2). Dribbling dengan sisi kaki bagian luar
Keterampilan mengontrol bola ini digunakan ketika pemain yang menguasai bola sedang berlari dan mendorong bola sehingga bisa mempertahankan bola tersebut tetap berada di sisi luar kaki.

3). Dribbling menggunakan kura-kura kaki
Teknik dribbling selanjutnya adalah menggunakan kura-kura kaki. Teknik ini dibilang lebih enak dan bisa dipakai untuk dribbing dengan kecepatan tinggi (lari).

d. Mengontrol Bola
Mengontrol bola, hal ini berkaitan dengan pengendalian bola yang berkaitan dengan penguasaan seluruh bagian tubuh terkecuali tangan dalam memainkan dan mengatur keberadaan bola agar tetap stabil di antara bagian tubuh.

Dengan kontrol bola yang baik seseorang dapat menerima operan dan melakukan operan baik lambung maupun datar. Selain itu kontrol bola adalah kemampuan mempertahankan penguasaan bola dan melindungi dari lawan.

e. Kontrol Tubuh
Kelima, yang tidak kalah penting adalah kontrol tubuh, dimana kemampuan pemain menggerakkan tubuhnya dengan lancar saat pertandingan, juga mengoptimalkan keseimbangan. Mengontrol tubuh saat pertandingan berkaitan dengan langkah yang tepat, lari yang seimbang, dan keseimbangan gravitasi ketika melakukan lompatan.

Aturan Sepakbola

Peraturan Jumlah Pemain Sepak Bola

Ada dua tim dan masing-masing terdiri dari sebelas orang. Nah, salah satunya wajib berposisi sebagai penjaga gawang. 

Beberapa peraturan lainnya, antara lain:

- Jumlah pemain maksimal keluar lapangan adalah empat orang, tidak termasuk jika ada yang cedera. 

- Jumlah pemain cadangan maksimal 12 orang. 

- Wasit satu orang dan hakim garis berjumlah 2-4 orang. 

- Batas jumlah pergantian pemain sebanyak 3 orang. 

- Perlengkapan dasar yang harus digunakan setiap pemain, yaitu sarung tangan, kaos kaki, pelindung tulang kering, dan sol sepatu berbahan karet.


Peraturan dalam Permainan

- Kick off dilakukan untuk memulai pertandingan pada setiap babak atau setelah terjadinya gol. 

- Gol dinyatakan sah ketika bola masuk dan melewati garis gawang. Keputusan sah atau tidaknya sebuah gol ada di tangan wasit. 

- Offside terjadi ketika pemain menerima umpan bola. Sedangkan, posisinya lebih dekat ke gawang lawan. 

- Bola dinyatakan keluar apabila melewati lapangan. Jika ini terjadi, pemain akan melakukan lemparan dalam. 

- Penalti terjadi saat pemain sedang bertahan melakukan pelanggaran di wilayah penjaga gawang. Tendangan ini dilakukan oleh tim lawan dan memiliki peluang untuk mencetak gol. Tendangan penalti juga dilakukan apabila permainan seri.


Peraturan Wasit

Selain ada peraturan jumlah pemain sepak bola, ada juga peraturan yang ditujukan oleh wasit. Tugas wasit, antara lain:

- Memastikan perlengkapan dan aksesori pemain sesuai dengan peraturan.

- Memastikan bola yang digunakan sesuai dengan peraturan. 

Bola yang sesuai dengan peraturan ini adalah bahan bola yang terbuat dari kulit, bentuknya bulat. Selain itu berat bola sekitar 396-453 gram dan keliling lingkaran bola sekitar 68 hingga 71 cm, teman-teman. 


Peraturan Durasi Permainan

Pada pertandingan sepak bola, FIFA menetapkan durasi waktu. Lama permainan sepak bola adalah 90 menit. 

Durasi itu terbagi menjadi ke dalam dua babak, yakni 45 menit untuk babak pertama dan 45 menit babak kedua. 

Jika skor yang sama masih bertahan hingga 90 menit, maka durasi pertandingan akan ditambah hingga 30 menit. 

Selanjutnya, ditambah dengan 15 menit perpanjangan waktu pertama dan 15 menit perpanjangan waktu kedua. 

Peraturan Pengamanan dan Keamanan Stadion

Untuk melindungi para pemain serta menjaga ketertiban umum, diperlukan polisi di sekeliling lapangan. 

Petugas kepolisian yang ditempatkan di sekitar lapangan harus berperilaku dan bersikap baik, termasuk:

- Tetap berada di posisi antara papan iklan dan tribun. 

- Duduk di kursi, hindari agar tidak menghalangi penonton. 

- Tidak menggunakan barang-barang agresif. 

Selain itu, petugas lapangan harus dijaga seminimal mungkin dengan mempertimbangkan perilaku penonton yang diharapkan. 

Luas Lapangan Sepakbola

Nah, Sementara itu, luas lapangan sepak bola yang sering dipakai adalah 7140 meter persegi. Perhitungan ini berasal dari ukuran lapangan sepak bola yang sering dipakai adalah 105 x 68 meter.


Organisasi Sepakbola Dunia


Nama organisasi sepak bola dunia adalah FIFA. Ini singkatan dari Federation International de Football Association. Organisasi sepak bola dunia adalah dibentuk sejak tahun 1904, tepatnya 21 Mei 1904 di Paris, Perancis.

Sejarah Sepakbola

Sejarah Permainan Sepak Bola
Setelah mengetahui pengertian sepak bola diatas, bagiamana sejarah sepak bola hingga populer hingga sekarang? Berdasarkan sumber yang dikutip pada situs Football History, kehadiran Permainan sepak bola terjadi di China sekitar abad ke-3 dan 2 SM dengan nama permainan Cuju. Dimana Cuju dimainkan dengan bentuk bola bundar di atas bidang tanah persegi. Banyak negara-negara yang mengklaim bahwa kehadiran sepak bola diawali dari mereka sendiri, seperti Yunani Kuno dan Roma.

Namun cerita yang banyak diakui permainan sepak bola populer pada abad ke-12, dimana pada abad ini sepak bola dimainkan di padang rumput dan jalanan Inggris. Seiring berjalannya waktu kemudian bermunculan klub sepak bola akan tetapi kehadiran Klub sepak bola yang diyakini ada sejak abad ke-15 tersebut terorganisir dengan baik dan tanpa status resmi.

Oleh karena itu cukup sulit untuk menentukan klub sepak bola yang pertama hadir di muka bumi ini. Beberapa sejarawan Inggris mempercayai bahwa terdapat klub profesional yang di bentuk di Inggris pada tahun 1862 dengan nama klub Inggris Notts County. Setahun kemudian sepak bola modern lahir pada tahun 1863 ketika Asosiasi Sepak Bola Inggris didirikan.

Sejak setelah itu pada tahun 1883 dilangsungkan turnamen internasional pertama yang melibatkan empat negara yaitu Inggris, Irlandia, Skotlandia, dan Wales.

Meskipun sepakbola menjadi fenomena yang dan digandrungi dari Inggris, perlahan menyebar ke negara-negara Eropa lainnya. Pertandingan pertama pada tahun 1867 yang berlangsung di luar Eropa yaitu di Argentina.

Tepatnya pada 21 Mei 1904 Federation International Football Association (FIFA) didirikan, yang ditandatangani oleh tujuh negara yaitu Prancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swedia dan Swiss.

Meskipun Inggris identik dengan sejarah perkembangan sepak bola, akan tetapi mereka tidak turut serta bergabung sejak awal. Tetap saja, mereka bergabung pada tahun berikutnya.

Semakin digandrunginya olahraga sepak bola diprekuat dengan dimasukkannya sebagai olahraga resmi dalam olimpiade pada tahun 1908. Serta Piala dunia yang dilaksanakan pertama pada tahun 1930 semakin memperkuat olahraga yang sangat populer di kancah internasional. Hingga kemudian pada tahun 1996 sepak bola wanita ditambahkan untuk pertama kalinya.


Sekian artikel PJOK mengenai Materi Permainan Sepakbola (Pengertian, Aturan, Manfaat) Lengkap!, semoga artikel PJOK dari Konsep Edukasi dapat bermanfaat dan membantu kamu yang sedang mempelajari Materi Permainan Sepakbola (Pengertian, Aturan, Manfaat) Lengkap!.





Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code